Kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan " TKJ "



    Program MikroTik Akademi adalah program khusus untuk Institusi Pendidikan, seperti Universitas, STMIK, AMIK, Institut Teknik, SMK dan sekolah berbasis semester. Program ini memungkinkan sekolah untuk membuka kelas MikroTik Bersertifikasi sebagai bagian dari kurikulum pembelajaran dan membuka ujian sertifikasi bagi siswanya di akhir kelas.
    Sebagai bagian dari program, SMK ISLAM BATU merupakan salah satu dari Training Partner Akademi untuk MikroTik yang ditunjuk untuk melaksanakan program kelas MikroTik Akademi bagi siswa kami. Program ini digabungkan ke dalam kurikulum pada semester 3 dan 4 melalui Mata Pelajaran Paket Keahlian dan di akhir masa pembelajaran akan diadakan ujian sertifikasi untuk menguji kemampuan siswa serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh Sertifikat MikroTik yang bersifat internasional.
    Sertifikat yang dikeluarkan merupakan sertifikat bertaraf Internasional (bila siswa lulus ujian dengan nilai > 60%) dan siswa akan mendapatkan gelar sebagai MikroTik Certified Network Associate (MTCNA).

SMK ISLAM BATU mengajarkan topik berikut dalam kelas MikroTik Akademy
  • Pengenalan MikroTik
  • Manajemen Jaringan Lokal
  1. Bridge
  2. DHCP
  3. ARP
  4. DNS
  • Routing
  1. Statis
  2. Dinamis (OSPF)
  • Firewall
  • Filter
  1. NAT
  2. QOS
  • Tunnel
  • Tool di RouterBoard
  • Project MikroTik sebagai internet gateway
yang di masukkan sebagai bagian kurikulum dimana diajarkan dalam 2 semester.
MikroTik Academy di SMK ISLAM BATU didukung sepenuhnya oleh BelajarMikroTik sebagai koordinator MikroTik Academy di Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas MikroTik Academy di SMK ISLAM BATU hubungi:
BUDI SISWANTO
0341-597079
budi78siswanto@gmail.com

    Bicara mengenai jurusan TKJ atau bisa disebut dengan Teknik Komputer dan Jaringan. Jurusan tersebut masuk kedalam kelompok Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ketua jurusan TKJ tersebut adalah Pak Budi Siswanto, S.Kom. yang sudah kompeten dalam pembelajaran secara tertulis maupun praktek, serta beliau adalah salah satu ASESOR LSP P2 TKJ.

TERUS APA SAJA YANG AKAN DI PELAJARI DALAM JURUSAN TERSEBUT ?

Pembelajaran pertama yaitu kompetensi keahlian PRODUKTIF C1, sebagai berikut :
  1. Simulasi digital (berkaitan dengan pembelajaran komputer)
  2. Fisika
  3. Kimia

Pembelajaran pertama yaitu kompetensi keahlian PRODUKTIF C2, sebagai berikut :
  1. Sistem Komputer
  2. Komputer dan Jaringan Dasar
  3. Pemrograman Dasar
  4. Dasar Sesain Grafis
  5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan (bagian 1)

Pembelajaran pertama yaitu kompetensi keahlian PRODUKTIF C3, sebagai berikut :
  1. Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
  2. Administrasi Infrastruktur Jaringan
  3. Administrasi Sistem Jaringan
  4. Teknologi Layanan Jaringan
  5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan (bagian 2)

Wau dari C1, C2, dan C3 semua sangat lengkap untuk dipelajari secara tertulis maupun praktek. Serta tak kalah pentingnya dari tiap pelajaran tersebut pasti menerapkan sistem :

TEORI - PRAKTEK - LAPORAN

dengan sistem tersebut siswa mendapatkan ilmu secara teori maupun praktek hingga bagaimana cara membuat laporan hasil praktek dan memperesentasikanya.

PRAKERIN

Untuk Prakerin / praktek kerja nyata jurusan TKJ dilakukan di awal semester ganjil kelas 11, berlangsung selama 6 bulan. Setiap tempat yang sudah mejalin kerjasama dengan SMK Islam Batu akan ditempatkan kurang lebih 1 - 4 siswa (tergantung kebutuhan perusahaan) serta akan dibimbing oleh satu guru di setiap tempat.

TEMPAT PRAKERIN

Untuk tempat Prakerin / praktek kerja nyata jurusan TKJ, terdapat 2 tempat yang berbeda yaitu tempat perkantoran milik swasta seperti Persero, CV, PT yang berkaitan dengan Maintenance, instalasi,dll pada hardware dan jaringan.


KI KD secara lengkap dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dapat di cek di tombol dibawah ini :


Kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan " TKJ " Kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan " TKJ " Reviewed by smk islam batu on 8:33:00 AM Rating: 5

No comments

Track